Sabtu, 29 September 2012

KIAT SEHAT DENGAN BAWANG MERAH

Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.
by: wikipedia.org

Ada berbagai macam zat bermanfaat yang terkandung dalam bawang merah. Diantaranya adalah Vitamin K, Vitamin E, Zat Besi, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor, Seng, dan Natrium. Dengan adanya beberapa zat tersebut, bawang merah dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita terhadap vitamin maupun mineral.

Beberapa khasiat Bawang Merah untuk kesehatan :
  • Membunuh Kuman di Mulut
Caranya : Mengunyah bawang mentah untuk 2 sampai 3 menit mungkin bisa membunuh semua kuman yang ada di daerah mulut.

  • Demam
Caranya : Siapkan umbi Bawang Merah (potong tipis) secukupnya Minyak Kelapa secukupnya Minyak Kayu Putih secukupnya Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangnn pada anak yang demam.
  • Batuk
Caranya : Siapkan umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 4 gram, herba segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml. Caranya dengan dipipis, dibuat infus atau pil dan dapat dipergunakan sehari sekali dengan diminum. Lama pengobatannya selama 14 hari.
  • Kencing Manis
Caranya : Siapkan umbi bawang merah (dirajang) sebanyak 4 gram, buah buncis (dirajang) 15 gram, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml. Caranya dibuat infus dan diminum sekali 100 ml. Lama pengobatannya 14 hari.
  • Obat Wasir
Caranya : Ambil bawang merah berukuran sedang kemudian panaskan dengan 1 liter air dan tunggu selama 3 menit. setelah itu ambil bawang merah tersebut dan masukan kedalam anus.
  • Obat cacing
Caranya : Potong kecil-kecil baang merah lalu seduh dan simpan selama 1 malam. Kemudian minumkanlah pada anak yang menderita cacingan pada keesokan siangnya dengan menambahkan madu secukupnya. Lakukan hal ini sampai sembuh.

Dan masih banyak lagi khasiat bawang merah untuk kesehatan, seperti :
  1. Menyembuhkan sakit kepala
  2. Melancarkan buang air Besar
  3. Rambut rontok
  4. Haid tidak teratur
  5. Perut kembung pada anak
  6. Menyembuhkan penderita asma
  7. Menurunkan tekanan Darah dan kadar lemak
  8. Mengobati asma
  9. Mengobati Flu
  10.  
by: daniel-maulana.blogspot.com
by: muhtarhabibi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar