Jumat, 12 Oktober 2012

CANTIK DENGAN BENGKOANG

Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/).

Manfaat Bengkoang untuk kecantikan : 
  • Memutihkan. Kandungan bengkoang seperti pachyrhizon, vitamin B1 dan vitamin C, mampu membuat kulit Anda tampak lebih cerah serta terlihat putih. Syaratnya tentu dengan penggunaan bengkoang yang kontinyu minimal seminggu sekali. Noda bekas luka jerawat pun dapat memudar warnanya jika Anda memakai bengkoang sebagai masker.
  • Menyegarkan. Bengkoang yang digunakan sebagai masker, tidak hanya pada wajah namun juga pada tubuh, dapat memberi sensasi segar. Efek segar dari bengkoang ini akan lebih terasa lagi jika Anda menggunakannya di siang hari, usai terpapar sinar matahari. 
  • Penghilang noda bekas jerawat :
Caranya  : Parutlah bengkuang secara halus agak banyak. Lalu gunakan parutan bengkuang tersebut dan balurkan ke bagian wajah/yang bernoda atau bisa juga dijadikan bahan campuran pada scrub. Usapkan perlahan dan diamkan 30 menit. Lalu bilas hingga bersih, wajah terlihat bersih dan cerah.

  • Penghilangkan Flek Hitam pada Wajah
Caranya : Ambil bengkoang secukupnya dan parut. Hasil parutan usapkan di wajah. Tunggu 10-15 menit hingga agak kering, dan cuci wajah seperti biasa.

  • Mengatasi penyakit kulit
Caranya :  Benih ubi dan belerang (masing-masing secukupnya) ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Diabetes.
Caranya :  Ambil satu atau dua dari ubi parut dan kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore.

  • Obat demam.
Caranya : Bengkuang yang mempunyai sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dapat digunakan untuk menurunkan demam. Bengkuang dapat dimakan secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jus yang diminum pagi dan sore.

  • Mengatasi eksim.
Caranya : Bengkoang dikupas dan dimakan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.

  • Mengatasi wasir.
Caranya : Bengkoang bisa dijus dan diminum setiap bangun tidur saat pagi hari
 

sumber : berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar