Rabu, 03 Oktober 2012

MENGENAL TEMULAWAK

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Nama daerah di Jawa yaitu temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur.
Temulawak mengandung zat kurkuminoid yang bermanfaat untuk mengurangi gejala rematik, nyeri haid, radang lambung, radang usus besar.

Khasiat temulawak
  • Radang sendi, rematik, dan pegal linu
Caranya : Ambil 25 gram rimpang temulawak, 20 gram rimpang jahe merah. Setelah itu direbus keduanya dengan air 400cc air mendidih hingga tersisa 200cc. Kemudian disaring dan airnya diminum.
  • Peluruh haid
Caranya : Ambil 25 gram rimpang temulawak dan diblender dengan air secukupnya. Kemudian disaring dan tambahkan madu secukupnya, diminum secara teratur.
  • Radang kandung empedu
Caranya : Ambil 30 gram rimpang temulawak, diiris-iris dan direbus dengan 500cc air mendidih hingga tersisa 200cc. Kemudian disaring dan airnya diminum.
  • Mengatasi batu empedu
Caranya : Sediakan 25 gram rimpang temulawak, 30 gram meniran dan gula aren secukupnya. Rebus semua dengan 500cc air mendidih hingga menjadi 200cc. Disaring dan airnya diminum.
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi
Caranya : Sediakan 25 gram rimpang temulawak kering lalu ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan panas secukupnya. Diminum selagi hangat.
  • Mengatasi radang lambung
Caranya : Gunakan 30 gram rimpang temulawak, lalu potong kecil-kecil, direbus dengan 500cc air mendidih hingga tersisa 200cc dan disaring. Selanjutnya air diminum.
  •  Mengobati batuk dan saluran nafas
Caranya : Sediakan 25 gram rimpang temulawaklalu diparut. Tambahkan air matang secukupnya dan disaring. Tambahkan juga madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis. Selanjutnya diminum.
  • Meningkatkan nafsu makan
Caranya : Ambil 25 gram rimpang temulawak, 10 gram asam jawa dan gula merah secukupnya. Semua bahn direbus dengan 600cc air mendidih hingga tersisa 300cc dan disaring. Kemudian ramuan diminum.
  • Gangguan lever
Caranya : Gunakan 25 gram rimpang temulawak dan 30 gram daun serut/ mirten. Kemudian direbus bersama-sama dengan 600cc air mendidih hingg tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya selagi hangat. Lakukan hingga sembuh.
Sumber :Seputar Herbal KR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar