Rabu, 03 Oktober 2012

MANFAAT LENGKUAS



Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.[wikipedia]
Lengkuas mengandung atsiri, pinem, metal sinamat, dan terpen. Rimpang lengkuas berserat kasar dan mempunyai aroma yang khas. 

Khasiat Lengkuas

  • Penyakit kulit seperti : kadas, kudis, koreng dan borok

Caranya : Tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang lengkuas, 4 bawang putih) sampai menjadi bubur. Kemudian oleskan atau tempelkan ramuan tersebut di tempat yang sakit. Lakukan sampai sembuh.


  • Mengobati Kurap Menahun

Caranya : Tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang lengkuas, 4 bawang putih) sampai menjadi bubur.kemudian campur dengan cuka secukupnya. Setelah ituoleskan pada bagian kulit yang sakit. Lakukan sampai sembuh.

  • Obat Panu

Caranya : Sediakan rimpang lengkuas yang segar secukupnya. Lalu cuci bersih dan direbus sampai mendidih. Kemudian air rebusan yang masih hangat tersebut digunakan untuk mandi.lakukan mandi air rebusan lengkuas hingga sakit panu sembuh.

  • Sakit kepala, nyeri dada, menguatkan lambung, dan memperbaiki pencernaan

Caranya : Sediakan rimpang lengkuas yang masih segar, kemudian dijadikan bumbu dapur yang dicampur dalam masakan sehari-hari. Secara tidak langsung penggunaan bumbu dapur ini sudah bias untuk mengobati keluhan gangguan kesehatan tersebut.

Sumber : Seputar Herbal KR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar