Selasa, 02 Oktober 2012

TIPS SELEDRI UNTUK KESEHATAN

Seledri (Apium graveolens L) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan. [wikipedia]
Khasiat Seledri :
  • Hipertensi
Caranya : Siapkan daun seledri secukupnya. Kemudian daun seledri diperas dengan air masak lalu disaring. Setelah itu minum sehari 3 kali 2 sendok dan dilakukan secara teratur. perlu Anda ketahui jika penggunaannya berlebihan bisa berbahaya.

  • Rematik
Caranya : Siapkan 1 tangkai daun seledri, cuci bersih kemudian dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.
  • Obat Penyubur Rambut
Caranya : Ambil segenggam seledri, cuci bersih, potong-potong, lalu rebus dalam sedikit air dan didihkan. Setelah mendidih, angkat, biarkan hingga dingin lalu saring airnya. Selanjutnya, campurkan seledri dalam satu sendok makan cuka. Gunakan pada rambut dengan cara mengoleskannya setelah habis keramas. Gunakan secara teratur, dan dapatkan rambut sehat, lebat, panjang, dan berkilau.
  • Penurun Panas
Caranya : Ambil daun seledri secukupnya, tumbuk sampai halus kemudian mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan dipercaya dapat mendinginkan kepala.
  • Mengobati Bronkitis 
Caranya : Cuci 60 gr seledri segar, 10 gr kulit jeruk mandarin kering dan 25 gr gula aren sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari, masing-masing ¾ gelas.
  • Mengobati Batuk
Caranya : Cuci 30 gr seledri segar seutuhnya, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.

Seledri merupkan sumber makanan yang kaya akan vitamin A. Semakin gelap warna hijau daunnya, semakin tinggi pula kandungan vitamin A-nya. Seledri juga mengandung vitamin C, B1, B2, kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan coumarins yang dipercaya dapat mencegah kanker. Suatu  komponen kimia dalam minyak esensial yang berasal dari biji seledri menunjukkan sifat anti kanker, dan banyak studi menunjukkan hasil bahwa seledri berperan positif dalam memperlambat perkembangan tumor pankreas, payudara, dan liver.

by : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar